Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Tanah Karo

Para pecinta wisata, sudah tahukah anda air terjun apa yang paling tinggi di Indonesia ? Sudah pernah mendengar air terjun dengan nama Air terjun sipiso-piso yang ada di sumatera utara – tanah karo ini ? Tuhan memang menciptakan keindahan alam yang sangat menkajubkan hampir diseluruh bagian Indonesia. Salah satunya Air terjun sipiso-piso yang berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara.

Wisata Air terjun sipiso-piso merupakan air terjun dengan ketinggian dari permukaan laut sekitar 800 meter, sementara untuk ketinggian air terjunnya sekitar 120 meter. Dengan ketinggian inilah maka air terjun ini disebut sebagi air terjun tertinggi di Indonesia.

Sipiso-piso merupakan nama dari air terjun ini, dimana PISO adalah merupakan sebuah kata dalam bahasa batak yang berarti PISAU. Lalu mengapa nama itu menjadi sebutan untuk air yang terjun bebas dari ketinggian 120 meter ini ? Jika dilihat dari atas, tumpahan air terlihat memang seperti sebilah pisau yang berdiri, selain itu curang dimana air mengalir ini jika dipandang dari atas memang sangatlah curam, hingga penduduk setempat menyebutnya “Piso” artinya “tajam”.

Lalu apa yang menarik dari air terjun ini ? 

Berkunjung ke tempat wisata di tanah karo ini, maka setiap pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, bukan hanya tumpahan air yang terjun bebas. Tetapi juga pemandangan disekitar lokasi yang terlihat hijau, karena disekitar lokasi ditumbuhi dengan tumbuhan pinus dan tumbuhan alam lainnya.

Untuk yang anda yang menyukai petualangan dengan sedikit menantang adrenalin, anda bisa menuruni jurang ini sampai ke aliran sungai, disana tersedia tangga untuk para pengunjung yang ingin melihat air terjun dari bawah. Namun untuk menuruni anak tangga ini, para pengunjung diharapkan memiliki tenaga yang cukup prima dan kuat tentunya. Mengapa ? bayangkan saja, untuk menuruni anak tangga tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam bahkan lebih untuk sampai di titik anak tangga terakhir. Dan sebaliknya anda harus memikirkan tenaga anda untuk naik kembali keatas sana.

Namun, walau sangat melelahkan. Dijamin anda akan merasa puas di bawah sana, melihat secara dekat air jatuh dengan debit yang cukup banyak dari ketinggian, mendengarkan suara air yang mendengung kuat sekali. Dan bahkan anda yang cukup berani, bisa juga membasahkan diri anda dialiran air terjun yang dingin dan bersih itu. Lalu apalagi ? jika anda mau, foto-fotoan adalah moment mengabadikan perjalanan anda.

Lalu, bagaimana cara menuju lokasi wisata air terjun sipiso-piso ini ? 

Untuk anda para pengguna kendaraan roda empat atau lebih anda bisa memulai perjalanan anda dari kota medan, dengan jalan atau trayek Via kota Kabanjahe (kota kecil dekat kota Medan). anda akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam di perjalanan.  Setelah di Kabanjahe  anda bisa menuju jalur wisata danau toba, di desa tongging jarak lokasi dari kabanjahe sekitar 24 km, untuk lama perjalanan berkisar 30 menit lebih. Atau anda juga bisa mengikuti arah atau petunjuk jalan (ada tersedia cukup banyak)  Dan bahkan bagi anda para pengguna smartphone bisa juga mengkases mapnya dari google maps atau menggunakan aplikasi map lainnya.

Adakah fasilitas yang tersedia disana ? 

Di dekat lokasi tersedia beberapa fasilitas untuk tempat penginapan anda, sementara untuk hotel terdekat berada di kota terdekat atau bisa saja anda memilih tempat penginapan didekat danau toba, jadi siangnya menikmati wisata air terjun, malamnya menikmati desiran angin dan lampu-lampu putih di danau toba, sambil bakar-bakar ikan. Mantap benar bukan ?

Untuk Hotel terdekat ke lokasi wisata anda bisa lihat disini. Cek Hotel Sekarang

Sementara untuk souvenir bisa anda temui dari penjual disekitar lokasi, dan tentunya souvenir itu bagus dan menarik.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Reply