Sigale-Gale, Patung Yang Bisa Menari Di Pulau Samosir Danau Toba

Para pecinta wisata, pernahkah anda mendengar tentang sebuah sebutan “ Tari Tor-Tor Sigale-gale” ? Berbicara tentang wisata danau toba, maka sangat pasti rasanya sigale-gale ikut dalam omongan.

Sigale-gale merupakan sebuah patung yang terbuat dari kayu, yang mana patung tersebut dibuat berpakaian sebagaimana layaknya seperti seorang pria. Sigale-gale memang terkesan memiliki mistis, konon patung ini terbuat karena seorang raja yang berduka karena raja tersebut telah kehilangan anak satu-satunya. Sehingga terciptalah patung yang bisa menari ini.

Sekilas melihat tampilannya sebenarnya sigale-gale ini terlihat kaku, bahannya juga terbuat dari kayu. Lantas bagaimana dia bisa menari ? seorang yang ahli untuk membuat sigale-gale menari telah berada di belakang patungnya, dan ketika musik dimainkan orang yang dibelakang patung itulah yang menggerakkaannya dengan menggunakan tali yang sudah ditentukan aturannya. Ketika musik dimainkan patung ini pun akan menari, dan hebatnya boleh dikatakan seperti tarian seorang manusia.

Sekarang, tari tor-tor sigale-gale bisa dikatakan sudah menjadi salah satu icon dari wisata danau toba, pada festival danau toba kemarin, peninggalan bersejarah inilah yang menjadi salah satu icon dan yang paling banyak di pertunjukkan. Peninggalan bersejarah ini sangat unik, mungkin tidak akan ditemukan dibelahan dunia manapun.

Setiap wisatawan yang berkunjung untuk melihat tari tor-tor sigale-gale ini akan mendapatkan kesempatan untuk menari bersama, setelah terlebih dahulu mendapatkan ulos batak untuk masing-masing wisatawan. Terbilang cukup menarik memang, ada sesi-sesi khusus untuk setiap pertunjukannya, dimulai dari penonton berbaris rapi didepan sigale-gale dan menyaksikan sigale-gale menari sendirian, lalu menari bersama, lalu sesi foto bersama dengan patung putra raja tersebut.

Untuk anda yang belum bisa datang langsung ke pulau samosir untuk melihat langsung sigale-gale menari, mungkin video ini bisa membuat penasaran anda sedikit agak terobati. Tapi, tidak akan lebih mengagumi keanekaragaman indonesia jika anda tidak langsung melihat dengan mata anda sendiri. So, Come to lake toba.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Reply